PROFILE SMKN 1 NEGARA

Pada tahun 1970, banyak lulusan SMP tidak mampu melanjutkan sekolah keluar dari Kabupaten Jembrana, khususnya yang berminat masuk ke sekolah kejuruan. Melihat kondisi seperti ini, maka timbulah ide dari I Ketut Tantra, BA selaku guru SMEP Negeri Negara dan Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA selaku Kepala SMEP Negeri Negara (yang sekarang menjadi SMP Negeri 2 Negara) untuk mendirikan SMEA Swasta.

Ide tersebut didukung sepenuhnya oleh I Ketut Dharma, B.Sc yang pada saat itu menjadi Ketua Koperasi Kopera Kabupaten Jembrana, dan juga oleh beberapa calon guru dan pegawai yang siap mengabdikan diri sebagai tenaga honorer. Akhirnya berdirilah SMEA Swasta yang diberi nama SMEA Swastika Karya karena bernaung dibawah yayasan Swastika Karya yang berkedudukan di Negara. Sebagai Kepala Sekolah dipercayakan kepada Bapak I Ketut Tantra, B.Sc dan sebagai Wakil Kepala Sekolah ditunjuk Bapak I Putu Wirga. Pola kepempimpinan Bapak I Ketut Tantra, B.Sc yang begitu sabar dan penuh dengan dedikasi sehingga membuat SMEA Swastika Karya mulai dikenal dan mendapat simpati masyarakat.

Setelah SMEA Swastika Karya ini berjalan dua tahun Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA dipanggil oleh Kepala Bidang Dikmenjur yang saat itu adalah dijabat oleh Bapak Drs. I Wayan Gempol, agar segera mempersiapkan berkas usul penegrian SMEA Swastika Karya karena sesuai dengan penjelasan Bapak Kepala Bidang Dikmenjur yang kebetulan juga Bapak Direktur Dikmenjur yang saat itu dijabat oleh Bapak Drs. Surajiman sedang menyelenggarakan seminar koperasi selama beberapa hari di Denpasar, dan baliau berdua sudah mengadakan pendekatan.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, maka pihak pengelola sekolah segera menyiapkan usul dimaksud kemudian Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA didampingi oleh Kepala Bidang Dikmenjur menyerahkan usul penegrian SMEA Swastika Karya tersebut kepada Direktur Dikmenjur yaitu Bapak Drs. Surajiman di Denpasar. Karena usul tersebut dianggap representatif, maka atas persetujuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0115/0/1972 tertanggal 2 Agustus 1972 dari SMEA Swastika Karya berubah statusnya menjadi SMEA Negeri Negara yang beralamat di Jalan Surapati Negara masuk dalam wilayah kelurahan Pendem. Kepala Sekolahnya diangkat Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA dan Wakil Kepala Sekolah Bapak I Ketut Tantra, B.Sc.

Kepemimpinan Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA dikenal sangat disiplin, tekun dan ulet. Beliau bersama guru-guru berusaha keras untuk memajukan SMEA Negeri Negara. Banyak prestasi yang dicapai baik dibidang akademis maupun non akademis. Tamatan SMEA Negeri Negara banyak tersebar, bekerja di instansi pemerintah dan swasta baik di Kabupaten Jembrana, Provinsi dan bahkan banyak yang bertugas di luar Pulau Bali.

Pada Tahun 1980, lokasi SMEA Negeri Negara dipindahkan dari Kelurahan Pendem ke Kelurahan Baler Bale Agung. Dan kemudian pada Tahun 1994 nama SMEA Negeri Negara akhirnya berubah menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Negeri 1 Negara kelompok Bisnis dan Manajemen dengan 3 (tiga) jurusan yaitu :

  1. Sekretaris
  2. Akuntansi
  3. Pemasaran

Pada tanggal 10 Oktober 1996 Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA mengakhiri jabatannya yang selanjutnya digantikan oleh Bapak Drs. I Gusti Ketut Armada, Bapak I Gusti Ketut Armada melanjutkan kebijakan dari Bapak I Ketut Gde Tiaga, BA dengan beberapa terobosan baik fisik maupun non fisik. Bersama guru dan pegawai beliau melakukan penataan ruang praktek/laboratorium dimana diperolehnya bantuan dari Korea (Soft Loan Korea), disamping peningkatan sarana prasarana juga mampu dikembangkan kegiatan ekstra kurikuler seperti ekstra kurikuler Gong yang sebagian besar merupakan swadaya murni guru dan pegawai SMK Negeri 1 Negara.

Karena prestasinya dalam bidang Akademik terbukti dengan hasil EBTANAS mendapat peringkat I di Provinsi di Bali pada tahun pelajaran 1996-1997 dari 55 SMK dan tahun pelajaran 1998-1999 hasil EBTANAS SMK Negeri 1 Negara mendapat peringkat ke-2 dari 59 SMK di Provinsi Bali. Sebagai wujud prestasi SMK Negeri 1 Negara maka pada tahun pelajaran 2000/2001 SMK Negeri 1 Negara ditunjuk sebagai Pilot Project dalam program TOEIC (Test of English for International Communication).

Pada masa kepemimpinan Bapak Drs. I Gusti Ketut Armada diadakan Re-Enginering untuk jurusan Administrasi Perkantoran menjadi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Bidang Keahlian Teknologi dan Informasi). Selanjutnya untuk pembukaan jurusan baru tersebut diatas difasilitasi oleh Pemerintah Pusat dalam bentuk bantuan alat.

Kemudian Bapak Drs. I Gusti Ketut Armada mengemban tugas baru sebagai Pengawas SMP, SMA/SMK Kabupaten Jembrana dan jabatan Kepala SMK Negeri 1 Negara digantikan oleh Bapak Nengah Alit, S.Pd terhitung mulai tanggal 3 Juli 2006. Kepemimpinan Bapak Nengah Alit, S.Pd, melanjutkan kebijakan Bapak Drs. I Gusti Ketut Armada dengan memanfaatkan peluang Program Kerja Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan untuk mengembangkan atau meningkatkan status sekolah kejuruan menjadi sekolah yang berorientasi ke pasar global khususnya dari sudut tamatannya siap bekerja di luar negeri, maka ada program pengembangan status SMK tertentu menjadi SMK yang RSBI (Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional). Di Jembrana disusulkan SMK Negeri 1 Negara karena SMK Negeri 1 Negara memenuhi kriteria tertentu antara lain :

  1. Jumlah Peserta Didiknya
  2. Luas Arealnya
  3. Pengembangan program studi
  4. Manajemen Sekolah

Program RSBI tersebut meliputi :

  1. Standar Manajemen Mutu (ISO)
  2. Standar TIK (ICT Centre)

Setelah SMK Negeri 1 Negara berstatus RSBI dengan manajemen mutu yang sudah standar, maka SMK Negeri 1 Negara difasilitasi dengan berbagai bantuan pusat dan daerah. Yang salah satunya adalah :

  1. Bantuan TUK (Tempat Uji Kompetensi)
  2. Pengembangan Studi Keahlian
  3. Pengembangan ICT
  4. Bantuan Rehab Gedung
  5. Bantuan Kewirausahaan

Kemudian pada tanggal 20 April 2011 Bapak Nengah Alit, S.Pd dilantik sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana sehingga terhitung mulai tanggal 13 Mei 2011 jabatan SMK Negeri 1 Negara digantikan oleh Bapak I Putu Wardana, S.Pd dengan Surat Keputusan Bupati Jembrana Nomor : 821/158.a/KEPEG/2011 tanggal 13 Mei 2011.

Bapak I Putu Wardana, S.Pd melanjutkan program kebijakan Bapak Nengah Alit, S.Pd dimana SMK Negeri 1 Negara sebagai SMK RSBI dan sebagai Pusat ICT Centre di Kabupaten Jembrana.